Ad Unit (Iklan) BIG

asdasd

Kunci Sukses Riset Buyer Personal Untuk Marketing

Post a Comment

Marketing itu, katanya, adalah tentang bagaimana memahami persona seseorang yang ingin kita jualin. Dengan kita memamahaminya, maka, akan semakin mudah juga untuk menemukan cara terbaik agar mereka menolak untuk tidak membeli produk yang kita tawarkan..

Bukankah, lebih asik lagi jika kita bisa menemukan semua itu..

Weits..
Tapi ingat dulu dong..

Bahwa semua itu tidak mudah!

Tahap awal yang harus anda lalui adalah melakukan riset untuk persona persona merek yang ingin anda targetkan..

Caranya?
Ini bocorannya...

Pertama, Pastikan bahwa anda sudah menempatkan calon target anda pada segmentasi yang tepat. Dari sini, segmentasi ini harus sesuai dan tepat, meleset sedikit saja, maka anda tidak bisa melanjutkan cara kedua. Bisa saja sih, tapi ya gak ada gunanya juga hehe

Segmentasi pertama adalah dari sisi umur. Umur berapakah target anda? Dari generasi apakah mereka? Tahunnya harus jelas hingga umurnya juga...

Segmentasi kedua adalah kota tempat kerja dari si target. Kenapa bukan tempat tinggal? Karena dengan segmentasi kota tempat kerja, berarti kita mencari orang yang produktif. Orang yang produktif, maka cenderung memiliki "isi". paham kan?

Segmentasi terakhir adalah tempat yang sering di kunjungi oleh si target kita. Tempat apapun itu, terutama tempat tempat yang lagi trending di publik. Misalnya pantai, tempat belanja (mall) dllnya

Kedua, sesuai yang sudah saya tulis pada poin pertama. Maka cara kedua ini tidak bisa anda jalankan jika cara pertama belum anda selesaikan. Mantap kan? Pusing kan? Sama! hehe

Yuk lanjut dulu..

Nah, dari cara pertama tadi, kita bisa membongkar semua itu dari banyak data dan tempat. Tapi, menurut saya, data dan tempat terbaik untuk menemukan segmentasi ini adalah di social media.

Ada dua rekomendasi dari saya, gunakan twitter analytics dan juga facebook audience insight.

Menurut saya, dua tempat ini sudah sangat cukup untuk membedah data data yang kita butuhkan dalam tahap riset ini. Linkya cari aja di google ya, hehe. Jadi pebisnis gak boleh manja :P

Di twitter, anda bisa mensegmentasikan mulai dari gaya hidup, generasi, demographics dan masih banyak lagi lainnya...

Di facebook, ini lagi, sangat sangat josss pokoknya pak ekooooo!
Di dalam facebook audience insight bahkan anda bisa mengetahui lebih detail lagi dari twitter. Misalnya, umur, kota, interest dllnya. Banyak deh pokoknya disini, saya sering banget riset pakek tool bawaan facebook ini hehe

Cara terakhir, manfaatkan google trends dong!
Jangan abaikan ini, google trends ini memang kadang dilupakan, tapi justru disinilah yang sangat keren menurut saya hehe

Kenapa?

Di dalam google trend ini kita bisa melihat, apa saja yang lagi trending sejak 7 hari ke belakang bahkan. Ini sangat bagus! Kenapa kok bisa sangat bagus? Dari sinilah kita bisa melihat pergerakan market itu trend arahnya lagi kemana, dan seperti apa. Karena, jika anda sudah sering masuk ke google trend, maka pasti anda paham, di dalam google trend ini seperti ada polanya sendiri..

Google memang ya, masih terbaik!


3 cara di atas masih saya gunakan setiap hari untuk riset, anda bisa memakai cara ini juga.

Demikian ya, materi hari ini, semoga bermanfaat ya

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter